+6281334499505 / +628175400002 kresnabayutour@yahoo.co.id

4 KEUNIKAN PASAR TERAPUNG MUARA KUIN BANJARMASIN

Kota Banjarmasin terkenal dengan julukan Kota Seribu Sungai. Nama ini tak hanya sebuah nama yang diberikan oleh masyarakat. Pasalnya di Banjarmasin memang memiliki banyak aliran sungai. Baik sungai kecil maupun  besar. Mulai dari Sungai Barito hingga sungai Martapura. Ibukota Provinsi Kalimantan Selatan ini memiliki pesona wisata yang tak kalah indah dengan kota lainnya.  Kota ini  memiliki pesona yang masih tersembunyi sehingga masih banyak orang yang belum tahu betapa indahnya. Jika kamu ingin berkunjung ke Banjarmasin, jangan khawatir dengan objek wisatanya. Berkunjung kesini bersama Kresna Bayu Tour pasti akan seru. Meng-explore wisata di Banjarmasin ini.

Kota ini memiliki banyak pilihan objek wisata yang sangat menarik. salah satu wisata yang sering dijadikan sebagai sasaran wisatawan adalah sebuah pasar unik di Banjarmasin. Yaitu Pasar Apung. Di Indonesia hanya ada di Banjarmasin loh. Di Banjarmasin ada 2 tempat pasar apung yang dijadikan tujuan wisata. Yaitu Pasar Terapung Muara Kuin dan Pasar Apung Lok Baintan. Namun kali ini kami akan membahas salah satu pasar apung ini. yaitu Pasar Terapung Muara Kuin. Nah penasaran gak apa aja yang menarik dari Pasar Muara Kuin ini? yuk baca sampai bawah!

BEBERAPA HAL YANG HARUS KAMU TAHU TENTANG PASAR TERAPUNG INI

Kamu pernah berkunjung ke Pasar? Mungkin kebanyakan pasar yang sering kamu kunjungi adalah Pasar Darat. Jika kamu  berkunjung ke Banjarmasin, kamu akan menemukan keunikan pasarnya. Kamu akan menemukan sebuah  pasar yang terapung di sebuah sungai. Keunikan inilah yang menjadikan Pasar Apung Muara Kuin semakin terkenal. Yuk simak serba serbi Pasar Apung Muara Kuin ini!

1. Sejarah Pasar Terapung

Pasar Terapung ini memiliki cerita sejarah yang menarik. sesuai penelusuran terhadap data sejarah, mengatakan bahwa keberadaan Pasar Terapung ini tak lepas dari berdirinya kerajaan Banjar sekitar tahun 1595.  Menurut penuturan salah seorang keturunan Khatib Dayan (ulama kerajaan Banjar) bernama Syarif Bistamy SE. lalu Syarif yakin berdasarkan catatan sejarah yang dimiliki oleh keluarganya, Pasar Terapung sudah berdiri sebelum adanya Kerajaan Banjar. Menurutnya Pasar Terapung  merupakan bagian dari pelabuhan sungai yang bernama Bandarmasih. Pelabuhan sungai ini mencakup Sungai Barito, dari Sungai Kuin hingga Muara Sungai Kelayan.

Keberadaan Pasar Terapung ini juga membantu mengembangkan roda perekonomian sebelum berdirinya Kerajaan Banjar. Syarif mengatakan jika kebanyakan pedagang disini berasal dari Tamban, Anjir, Alalak, Berangas dan Kuin. Kawasan Pasar ini dulunya dijadikan medan perang. Perang antara Kerajaan Banjar dengan Kerajaan Negara Daha yang disebabkan oleh dendam keluarga. Karena terus mengalami kekalahan, maka diadakan kerjasama militer dengan kerajaan Mataram Islam. Bantuan dari Kerajaan Mataram Islam ini tidak diberikan secara Cuma Cuma. Jika perang ini dimenangkan oleh Sultan Suriansyah, maka Kerajaan Banjar harus menjadi bagian dari Kerajaan Mataram Islam.

Dengan disetujuinya persyaratan  ini, maka dikirimlah sekitar 1000 pasukan dari Kerajaan Mataram Islam. Atas bantuan ini pasukan Kerajaan Banjar berhasil mengusir pasukan Kerajaan Negara Daha. Karena Kerajaan Banjar berhasil menang, maka disepakati jalan damai. Ada usulan adu ilmu antara Sultan Suriansyah dengan Pangeran Tumenggung.

Adu ilmu ini diadakan di atas dua perahu. Ternyata adu  kesaktian ini tidak terjadi. Karena Pangeran Tumenggung justru menangis ketika mendengar cerita dari keponakannya ini. maka dari itu langsung disepakati perdamaian dan perang berakhir. Nah sejak peristiwa inilah Pasar Terapung mulai berkembang secara alami. Ternyata sejarahnya sangat tidak terduga ya!

2. Keunikan di Pasar Terapung Muara Kuin

Pasar Muara Kuin ini merupakan sebuah pasar unik yang ada di Banjarmasin. Tidak hanya tempatnya yang berada di atas sungai, pasar ini juga memiliki proses jual beli yang unik. Jika kamu berkunjung kesini kamu bisa mencoba untuk membeli barang dagangan yang ditawarkan. Keunikan pasar ini adalah penjual dan pembeli yang bertransaksi harus menggunakan jukung (perahu).

Nah keunikan lain yang akan kamu temukan adalah barter. Mungkin kamu berpikir jika transaksi barter hanya diakukan pada jaman nenek moyang. Nah kamu akan menemukan kegiatan barter ini di Pasar Apung Muara Kuin. Keunikan lain yang tidak kamu temukan di Pasar lain masih ada loh. Jika kamu ingin membeli barang dagang dan jarak kamu dengan pedagangmu jauh.

Biasanya mereka akan melemparkan kayu yang terdapat paku di ujungnya. Lalu kamu bisa mengambil dagangan melalui tongkat kayu ini. kegiatan jual beli ini sangat menarik. apa lagi jika kamu biasanya tinggal di perkotaan. Menjelajahi sungai dengan menggunakan perahu dan melakukan kegiatan jual beli di atas sungai pasti menjadi pengalaman menarik. Oh ya, jika kamu sedang berkunjung ke Jawa Barat, ada juga floating market yang menarik. yaitu di kawasan Wisata Di Bandung Lembang. Yuk mampir!

3. Aktivitas selain belanja dan pemandangan di Pasar Apung Muara Kuin

Kamu tidak ingin berbelanja? Tenang aja.  Kamu masih bisa berkeliling, bersantai dan sarapan di atas perahu. Kamu bisa menyewa perahu yang ada di tepi sungai untuk kamu gunakan berkeliling Pasar Terapung Muara Kuin. Selain berkeliling, kamu juga bisa berburu foto loh! Pemandangan yang ditawarkan adalah suasana transaksi dagang yang dilakukan di Pasar Muara Kuin.

Tidak hanya itu, selama perjalanan menuju pasar kamu akan melihat pemandangan rumah warga di sepanjang sungai. Rumah rumah ini masih terbuat dari kayu loh! Kamu akan dibuat keheranan karena meskipun rumah  ini terbuat dari kayu, namun rumah  ini tidak mudah rusak. Kok bisa? Bisalah! Hal ini dikarenakan kayu yang digunakan untuk membangun rumah  merupakan kayu jenis Ulin yang semakin kuat jika terkena air.

4. Event yang diadakan di Pasar Apung Muara Kuin

Jika umumnya pasar hanya ada kegiatan berupa belanja dan tawar menawar, kamu akan menemukan hal berbeda disini. setiap tahun pemerintah Banjarmasin selalu membuat Festival Pasar Apung. Tujuan diadakannya festival ini untuk melestarikan kebudayaan setempat. Dengan diadakannya festival ini maka banyak wisatawan yang tertarik dan mulai berkunjung ke Pasar Terapung Muara Kuin.

Ini merupakan strategi untuk menarik perhatian wisatawan baik wisatawan domestik dan mancanegara. Kamu tertarik? Ayo berkunjung dan ajak keluarga atau temanmu. Jika kamu berkunjung saat ada festival, kami sarankan untuk tetap berhati hati ya! Pasalnya dengan suasana pasar yang ramai, bisa saja terjadi hal yang tidak diinginkan. Apalagi barang barangmu. Tetap perhatikan barangmu ya!

JAM BERKUNJUNG KE PASAR TERAPUNG MUARA KUIN YANG TEPAT

Kamu yang ingin mencoba ke Pasar Terapung Muara Kuin? Nah kamu siap gak bangun pagi pagi? Seperti pasar pada umumnya, Pasar Terapung ini juga buka pada pagi hari saja. Kamu harus siap di lokasi ini sejak pagi hari. Pasar Apung Muara Kuin dibuka pada waktu subuh setelah jam sholat subuh hingga jam 7 pagi. Jika sudah melewati jam 7 pagi para penjual akan mulai sepi. Jadi jika kamu ingin mengunjungi Pasar Terapung ini, kami saranin kamu berkunjung sekitar pukul 6-7 pagi. Sebagai bonus kamu juga bisa menghirup udara pagi yang segar di Sungai Barito.

RUTE MENUJU PASAR TERAPUNG MUARA KUIN

Berkunjung ke Pasar Apung Muara Kuin ini terbilang cukup mudah. Karena lokasinya yang berada di dekat Kota Banjarmasin. Jika kamu dari luar kota, kamu bisa menuju ke bandara Syamsudin Noor. Dari sini kamu hanya perlu menuju ke daerah kuin. Lebih tepatnya di dermaga dermaga kecil jukung (perahu dalam bahasa Banjar). Jika kamu membawa kendaraan pribadi, disini sudah disediakan area parkir. dari dermaga jukung, kamu bisa menyewa jukung sekitar Rp.60.000 / jukung. Kamu akan diajak untuk menyusuri sungai Martapura menuju hulu yang bermuara di Sungai Barito. Kamu juga bisa melihat aktivitas warga sekitar selama perjalanan.

Nah menarik kan? cuman ada di Banjarmasin loh! Pasar Terapung Muara Kuin ini juga menjadi tujuan utama banyaknya pengunjung yang datang kesini. Ayoo ajak teman dan keluargamu! Jangan lupa mengabadikan momenmu disini ya! Jangan lupa ajak Kresna Bayu Tour juga wkwkwkk.