+6281334499505 / +628175400002 kresnabayutour@yahoo.co.id

LAGI BOSEN DI RUMAH? ANDA SUKA TRAVELING? BINGUNG MAU KEMANA?

Jangan khawatir, saya akan membantu anda menemukan tempat terbaik bagi anda.

Yap, kali ini saya akan membahas tentang salah satu kota yang ada di Indonesia yang sangat terkenal sekali dengan banyakya destinasi wisata. Ya, saya akan membahas kota Yogyakarta. Ekonomi di Yogyakarta ini yang paling menguasai adalah sektor pariwisata. Maka tak heran jika pemerintah kota Yogyakarta ini semakin memajukan pariwisata yang ada di kota gudeg ini.

Nah, saat ini salah satu kabupaten yang ada di Yogyakarta sedang ramai ramainya dikunjungi oleh para wisatawan, yaitu kecamatan Gunung Kidul. Dulu, kecamatan Gunung Kidul ini terkenal dengan kemiskinannya, para warganya hanya makan ubi ubi an setiap harinya, namun tidak untuk sekarang. Masyarakat di Gunung Kidul ini sangatlah pandai dalam memanfaatkan situasi dan kreatif untuk membangun sesuatu yang baru, sehingga banyak orang yang tertarik dan ingin mengunjungi tempat ini. Contoh saja Goa Pindul yang kali ini akan saya bahas dalam artikel saya.

Goa Pindul, itulah nama yang terkenal di kalangan wisatawan. Goa  ini mulai dibuka sejak tahun 2010, itupun karena ada salah satu mahasiswa yang sedang melakukan kegiatan KKN ( kuliah kerja nyata) di daerah sekitar goa ini. sebelum dijadikan tempat wisata seperti saat ini, goa ini dijadikan untuk tempat aktivitas para warga sekitar, seperti untuk mandi, mencuci pakaian, atau tempat memancing.

Namun, setelah kedatangan mahasiswa itu tadi dan mengetahui keindahan yang ada di dalam Goa ini, maka muncullah ide untuk dikembangkan menjadi suatu objek wisata. Semenjak itu, ide sang mahasiswa itu di tindak lanjuti oleh pemerintah untuk meneliti dari segi keamanan dan kelayakan untuk dijadikan suatu tempat wisata. Nah, setelah melalui uji keamanan dan kelayakan tersebut Goa Pindul ini diresmikan pada tanggal 10 Oktober 2010 sebagai objek wisata minat khusus.

Setelah peresmian pada 2010 tersebut, tidak banyak yang tahu tentang objek wisata Goa ini hanya warga sekitar yang tahu tentang objek tersebut, karena kurangnya alat dan penerangan. Namun, seiring perkembangan jaman pihak pengelola Goa ini semakin meningkatkan fasilitas yang dibutuhkan di goa ini dan jaman yang semakin canggih dan modern, pihak pengelola Goa Pindul ini mulai menyebarluaskan keindahan objek wisata ini melalui internet dan pada akhirnya banyak sekali yang tahu keberadaan Goa yang terkenal ini.

Bagi anda yang ingin berkunjung, lokasi objek wisata ini berada di desa Bejiharjo, kecamatan Karangmojo, kabupaten Gunung Kidul. Akses yang dilalui untuk menuju ke lokasi ini juga mudah kok, bus besar masih bisa masuk ke lokasi ini.

PADA TAHU NGGAK KENAPA DI KASIH NAMA GOA PINDUL? KEPO YA? GINI NIH CERITANYA

“Goa ini menceritakan tentang kisah perjalanan seorang tokoh jaman dahulu yang diutus membunuh anaknya sendiri namun tidak mereka laksanakan, akhirnya dibawalah anaknya kabur ke Gunung Kidul. Mereka memutuskan untuk memandikan sang bayi di puncak bukit, karena kesaktiannya terbukalah lubang besar yang di dalamnya terdapat aliran air yang akan digunakan untuk memandikan sang bayi. Namun, saat sang bayi mandi tak sengaja pipi sang bayi itu terbentur atau dalam bahasa jawa istilahnya kejendul. Dan karena peristiwa itu, goa ini dinamai Goa Pindul ( PIpi kejeNDUL)” Nah, itu sedikit cerita tentang goa yang sedang booming ini.

Setelah anda mengetahui sejarah di resmikan dan nama dari Goa ini, pasti anda penasaran apa bagusnya destinasi wisata ini, iyakan? Yah, sekarang saya akan membahas keunikan yang ada di Goa ini.

Goa Pindul adalah objek wisata alam yang dimana anda akan diajak menyusuri ke dalam goa ini. di dalam goa ini terdapat aliran air, dan diatas nya terdapat beberapa kelelawar yang bergantungan dan juga terdapat stalaktit. Stalaktit sendiri adalah sejenis mineral sekunder yang menggantung diatas gua kapur. Cara menikmati objek wisata ini anda akan menyusuri goa ini dengan menggunakan ban dan akan ada pemandu yang akan menemani anda saat menyusuri goa ini.

Yang membuat terkesan disini adalah sebelum anda melakukan rafting, anda akan diajak untuk pemanasan dengan harapan agar tidak terjadi apa apa saat bermain dan setiap momen anda akan diabadikan oleh pihak pengelola Goa Pindul. Setelahnya anda dapat mengambil foto saat anda rafting di bagian fotographer dan ada juga yang langsung cetak. Jika anda mengambil foto yang telah di cetak, anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 15.000.

FASILITASNYA LENGKAP LOH, MAKIN SUKA DEH KALO KESINI

Yap, fasilitas di destinasi wisata Goa ini sangatlah lengkap, seperti adanya peralatan untuk rafting diantaranya; ban, jaket pelampung, sandal karet. Tak hanya itu, objek wisata ini mempunyai kamar mandi yang sangat banyak, jadi tidak perlu mengantri panjang jika anda ingin mandi setelah rafting. Jika di tinggal untuk rafting jangan khawatir jika barang anda tidak ada yang menjaga, karena disini telah disediakan tempat penitipan barang yang juga dijaga oleh pihak pengelola Goa ini. Nah, yang satu ini nih yang paling membuat anda lebih nikmat. Yap, setelah anda rafting dan kembali ke basecamp, anda akan disuguhi wedangan untuk menghangatkan tubuh anda. Dan dan dan wedang nya itu gratis lohhh… wahhh, ga bekal nyesel deh kalo kesini.

Nah, sekarang saya akan membahas apa yang menjadikan Goa ini diminati oleh para wisatawan.

Di dalam Goa ini, saat anda menyusurinya anda akan menemukan beberapa kelelawar yang bergantungan di atas Goa, dan juga anda dapat menemukan stalktit baik yang masih aktif maupun sudah non aktif. Ada juga mitos yang berkembang di sini bahwa siapapun orang yang menyusuri goa ini dan kebetulan ada yang terkena tetesan air dari stalaktit tersebut, maka orang itu akan awet muda. Untuk kelelawar anda tidak perlu takut jika di ganggu, karena kelelawar yang ada di Goa ini sudah dipastikan jinak dan tidak akan menyerang manusia. Sebelum anda sampai finish, anda akan menemukan cahaya dari atas dan cahaya ini dinamakan dengan the hidden paradise of Yogyakarta.

Jika telah keluar dari Goa ini dan anda menemukan goa vertikal, biasanya pihak pemnadu akan menyarankan anda untuk berenang, melompat dan berfoto foto ria disana untuk sekedar bersenang senang. Bagi anda yang tidak bisa berenang, tidak usah takut untuk ikut rafting di goa ini. pihak pengelola Goa ini akan senantiasa menemani anda dan memastikan bahwa anda aman selama bermain di Goa ini.

Setelah anda selesai dengan kegiatan anda selama di goa ini dan anda merasa puas, anda akan dibawa keluar oleh para pemandu dan di luar area tersebut sudah terdapat kendaraan yang akan membawa anda ke tempat basecamp. Namun, jika anda ingin melanjutkan bermain di objek wisata satunya lai yaitu sungai oyo atau yang sering disebut river tubing sngai oyo. Maka, kendaraan yang seharusnya mnjemput anda akan membawa ke lokasi sungai oyo ini.

Gimana? Tertarik buat bersenang senang ke Goa Pindul? Buruan kesini, dijamin gak bakalan nyesel dehhhh…

%d bloggers like this: